Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tokoh Islam yang Berpengaruh dalam Bidang Kedokteran

Agama Islam memerintahkan umatnya agar menguasai ilmu pengetahuan, karena telah disebutkan dalam Al Qur'an surat Al Mujadilah Ayat 11 bahwa orang yang beriman dan berilmu Allah berjanji akan mengangkatnya beberapa derajat. Berangkat dari ayat Allah di atas, banyak lahir tokoh cendekia di bidang ilmu pengetahuan umum dari kalangan umat Islam. Diantaranya adalah di bidang kedokteran.

Ilmu kedokteran dalam istilah agama islam disebut At Tib. Orang muslinlah yang pertama kali memperkenalkan ilmu kedokteran kepada dunia. Antara lain :

a. Ibnu Sina (370 H/980 M)
Ia dilahirkan di lembah sungai Dajlah dan Furat, di tepi laut Kaspia kawasan Bukhara, Afghanistan. Di Dunia barat ia lebih dikenal dengan nama Avicenna. Ia belajar mulai usia dini, sehingga umur 10 tahun telah menguasai ilmu agama dan hafal Al qur'an.
Disamping itu ia juga menguasai ilmu mantiq, ilmu fiqyh dan menguasai segala cabang ilmu pengetahuan yang ada waktu itu. Ketika usia 17 tahun Ibnu Sina sudah memahami seluruh teori kedokteran melebihi siapapun. Ibnu Sina terkenal sebagai seorang otodidak yang handal. Dalam waktu yang relatif singkat yaitu satu setengah tahun Ibnu Sina telah menguasai ilmu kedokteran tanpa bimbingan dari siapapun. Oleh karena itu dalam dunia kedokteran dinobatkan sebagai Father of Doctors (bapak kedokteran). Pada usia 21 tahun ia berhasil menulis karya-karya besar tentang pengobatan dan filsafat. Buykunya yang terkenal adalah kitab Al Qonun fit Thibb (dasar-dasar ilmu kedokteran) yang menjadi rujukan utama dunia kedokteran. Buku tersebut sejak zaman Dinasti Han telah menjadi standar pemikiran dan karya medis di Cina.

b. Ibnu Rusyd (lahir pada 523 H/1126 M)
Nama lengkap Ibnu Rusyd adalah Abdul walid Muhammad bin Achmad bin Rusyd. Orang-orang barat memanggilnya Averroes. Ibnu Rusyd lahir di negeri Islam yaitu Kordoba. Ibnu Rusyd dibesarkan dalam keluarga yang teguh menegakkan agama dan berpengetahuan luas. Neneknya seorang ahli fiqyh dan tokoh politik serta hakim agung di Andalusia. Ayahnya, Abu Qosim Achmad juga hakim di negeri itu. Ibnu Rusyd muda belajar matematika, astronomy, filsafat dan kedokteran lain kepada Ibnu Bawasykal, Ibnu Masarroh dan Abu ja'far Harun. Ibnu dikenal sebagai perintis ilmu kedokteran umum serta perintis mengenai ilmu jaringan tubuh (histrology) dan berjasa pula di bidang penelitian-penelitian pembuluh darah dan penyakit cacar. Di barat Ibnu Rusyd dikenal sebagai tokoh dan ahli di bidang kedokteran dengan karyanya Al kulliyat fit Tibb (aturan-aturan umum ilmu kedokteran) berisi 16 jilid yang sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa. Atas kepandaiannya itulah Ibnu Rusyd pada tahun 1182 ia diangkat sebagai dokter pribadi kholifah di Maroko. Demikian juga pemikiran beliau sangat berpengaruh di negara-negara Eropa, terutama di kalangan kampus/Universitas, bahkan karyanya menjadi bahan kajian utama. Ibnu Rusyd wafat pada tahun 595 H/1198 M dalam usia 72 tahun di Maroko. Tiga bulan setelah dimakamkan, kerangkanya dipindahkan di makam keluarga di Kordoba.

c. Ar Razi
Nama lengkap Ar Razi adalah Abu Bakar Muhammad bin Zakariyah Ar Razi. Beliau lahir pada tahun 251 H di Ray, dekat Teheran dan wafat tahun 320 H. Beliau terkenal sebagai dokter pertama dalam pengobatan secara ilmu jiwa, yaitu pengobatan yang dilakukan dengan memberi sugesti bagi para penderita Psikosomatis (penderita gangguan emosi dan mental). Ar Razi juga dikenal sebagai seorang ahli penyakit campak dan penemu air raksa (Hg) yang di pakai dalam dunia kedokteran.



d. Ibnu Nafis
Ibnu Nafis nama lengkapnya adalah Alauddin Abul ala Ali bin Abil Haram Al Khurasy Ad Dimasyqi Ibnu Nafis. Ibnu Nafis adalag seorang dokter yang terkemuka dan seorang penulis serba bisa pada abad ke 7H/13M. Bahkan ia dijuluki sebagai Ibnu kedua. Karya-karyanya yang terkenal di antaranya adalah : KITAB ASY SYAMIL FIT THIBB, Al Muhazzab fit kuhl, MUJIZ AL QONUN

 



Selain di atas masih banyak cendekiawan muslin di bidang kedokteran, seperti Jabir bin Hayyan, Hunaian bin Ishaq (ahli mata), Ibnu Munzir dan Ibnu Ridwan.

Jadi dapat kita ambil kesimpulan bahwa umat Islam sejak jaman dahulu kala telah berperan penting di dunia ini. Bagaimana dengan peran kita sekarang ini?  Maka ayolah kita mengintrospeksi diri kita, sudahkah kita bermanfaat bagi orang lain?


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Ashr Hafiizh mengatakan...

salah satu penyebab muslim mengalami kemunduran : Tragedi Baghdad tahun 1258

Reaulia Nadine Rachmat mengatakan...

thx for sharing :D

Posting Komentar