Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

A Child Called It: Kisah Tragis Seorang Anak 12 Tahun


Pertanyaan pertama yang langsung muncul di kepala saya saat pertama kali selesai membaca buku ini adalah ‘Is it real? Kok bisa ya ada ibu seperti itu??’. Sungguh miris sekali keadaaan anak yang diceritakan di buku ini. Dia diperlakukan dengan sangat kasar oleh ibu kandungnya sendiri, ya beliau merupakan orang yang sama yang telah mengandung selama sembilan bulan si Dave kecil.

A Child Called It ini merupakan buku pertama dari trilogi yang ditulis oleh Dave Pelzer. Merupakan buku nonfiksi karena ditulis berdasarkan kisah nyata dari yang tak lain adalah sang penulis itu sendiri. Dave mengarungi masa kecilnya dengan penuh penderitaan lahir batin dari sang ibu.  Ibu ini pada awalnya adalah sosok ibu yang penuh kasih sayang dan perhatian. Tetapi lalu berubah tanpa ada alasan yang jelas menjadi seseorang yang memiliki tempramen yang tinggi. Hal yang mengherankan adalah mengapa hanya Dave yang menjadi ‘tumbal’ keganasan ibunya, padahal Dave merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Beberapa keganasan ibunya adalah dicekoki makanan sisa anjing, dicemplungi ke bak mandi, dibuat lapar, ditikam, dipaksa makan isi popok adiknya, dicekoki sesendok makan penuh ammonia, dibakar di atas kompor gas, dll. Semua hal itu bagi kita pasti tidak masuk akal jika dialami oleh anak kecil tapi itulah kenyataan yang dituliskan pada buku ini. Sempat saya merasa bahwa cerita ini dibuat-buat, bagaimana bisa seorang ibu tega melakukan hal-hal keji seperti itu kepada darah dagingnya sendiri.

Buku ini mengajarkan sekaligus mengajak kita untuk merasakan kesendiriannya di antara kehangatan keluarga, mereka tidak menghiraukan keberadaannya karena Dave dianggap ‘sesuatu’. Kita dapat merasakan emosi Dave kecil bagaimana ia merasakan kesakitan saat ia dipukuli, serta merasakan sejuta harapan dan impian yang ia pendam dalam hati.

Hikmah yang dapat kita ambil dari cerita ini adalah bagaimana sikap kita untuk terus semangat menjalani hidup, tidak menyerah atau putus asa karena suatu keadaan. Kita dapat mencontoh Dave kecil dimana dia tetap tegar dan tabah menjalani ‘keganasan’ ibunya. Kisah perjalanan Dave hingga beranjak dewasa dan sukses  dituliskan pada buku kedua 'The Lost Boy' dan buku ketiga 'A Man Named Dave'.






Dave Pelzer sekarang adalah seorang pensiunan angkatan udara. Ia telah mendapat penghargaan plus pujian dari dua mantan presisen AS, yakni Ronald Reagan dan George Bush, bahkan ia diperkenankan membawa api olimpiade yang merupakan cerminan semangat hidupnya yang tak pernah mati.

source: (http://adoption.about.com/od/guidereviews/fr/childcalledit.htm)
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Nadinda mengatakan...

Kasian banget sama dave >.<
sumpa kok bisa ya ada ibu setega itu

Reaulia Nadine Rachmat mengatakan...

itu bisa jadi pembelajaran buat kita :)
jadilah ibu yg penuh kasih sayang #ecieeee

Posting Komentar