Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Vivalah slalu JSI

Apa sih sistem informasi itu? Belajar apa sih sistem informasi itu? Pertanyaan itu yang sering terdengar dari orang awam yang kebanyakan tidak mengenal jurusan ini. Hal itu dapat dimaklumi Jurusan ini masih tergolong muda daripada jurusan lain di kampus ITS. Umumnya orang beranggapan mata kuliah yang dipelajari di sistem informasi  tidak jauh-jauh dari yang dipelajari di teknik informatika. Padahal sebenarnya dapat dikatakan berbeda meskipun masih ada beberapa yang sejenis. Semisal pengodingan (mata kuliah yang cukup dianggap horror oleh anak SI). Sistem Informasi mempelajari tentang pemanfaat teknologi informasi dengan dihubungkan dengan bisnis ataupun yang lainnya, sedangkan Teknik Informatika mempelajari tentang pengembangan teknologi itu sendiri. Hal ini sesuai dengan motto Jurusan Sistem Informasi ITS They build IT, we make fortune from it”.

Menurut kamus online Sistem Informasi itu adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Jadi di jurusan ini mempelajari pula bidang keahlian manajemen. Cukup aneh memang anak teknik diberikan mata kuliah seperti itu. Bisa dikatakan kami ini ‘teknik palsu’.  Perlu diketahui Sistem Informasi ini merupakan gabungan dari pelajaran IPA dan IPS sewaktu masa sekolah.

Pada semester awal di jurusan ini diberikan mata kuliah Kemampuan Interpersonal sebanyak 3 sks. Kuliah unik yang dapat dibilang hanya ada di SI-ITS. Di kuliah ini kita dapat mengembangkan softkill kita dan bagaimana cara berinteraksi dengan orang lain. Tujuan dari kuliah ini adalah untuk menghilangkan paradigma bahwa orang ahli IT biasanya kemampuan bersosialisasinya buruk. Jurusan ini memiliki 4 lab untuk mendukung pembelajaran bagi mahasiswanya. Diantaranya LPSI, SPK, E-Business, dan PPSI. Tapi 3 lab terakhir hanya diperuntukkan untuk mahasiswa tingkat akhir. Mahasiswa tingkat akhir diperbolehkan memilih laboratorium berdasarkan minat dan nantinya sebagai penunjang tugas akhir (TA) mereka.
Gazebo SI

Jurusan Sistem Informasi ITS menerapkan sistem SCL(Student Centered Learning). Disini mahasiswa dituntut untuk berperan aktif dalam proses pemblajaran, dosen hanya bertindak sebagai fasilitator bagi mahasiswa saja. Yang membuat jurusan ini cukup unik dibandingkan dengan yang lainnya adalah umumnya dosen tidak mengadakan UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS(Ujian Akhir Semester). Pengambilan nilai hanya berdasarkan nilai kuis dan tugas yang diberikan oleh dosen. Sistem seperti ini dirasa sangat efektif untuk menghilangkan sistem kebut semalam (SKS) yang seringkali dilakukan oleh mahasiswa pada umumnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Rachmat Arif mengatakan...

Nice artikel...
SI memang jurusan yang kucinta pokoknya...

http://rachmatarif.blogspot.com/

Reaulia Nadine Rachmat mengatakan...

Pastinya dooong (^.^)

Posting Komentar